RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Eksponen bulat positif, negatif dan nol
Alokasi Waktu : 2.
x 45 menit (1 kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
K1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
K2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
K3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
K4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KD 2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan
matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
KD 3.1Memilih dan menerapkan aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengan karakteristik permasalahan yang
akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
INDIKATOR
3.1.1
Menyatakan arti
an, n bulat positif
3.1.2 Menyatakan arti an, n bulat negatif dan 0
3.1.3 menyatakan nilai bilangan dalam bentuk pangkat (eksponen)
KD 4.1 Menyajikan
masalah nyata menggunakan
operasi aljabar berupa eksponen dan
logaritma serta menyelesikannya menggunakan
sifat-
sifat dan aturan yangtelah terbukti
kebenarannya.
INDIKATOR
4.1.1 Menggunakan bilangan berpangkat untuk menentukan
menentukan waktu paro suatu zat radioaktif Menggunakan pola
bilangan persegi dalam menyelesaikan
masalah.
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
siswa dapat menemukan arti an
melalui tayangan simulasi pertumbuhan bakteri
2.
Disajikan teks
tentang zat yang disuntikkan ke dalam tubuh manusia, siswa dapat menyatakan
makna bilangan berpangkat bulat negatif
3.
Siswa dapat
menggunakan bilangan berpangkat untuk menyatakan operasi aljabar dalam
kehidupan sehari-hari.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Tahap 1 Bilangan
berpangkat bulat positif
2.
Tahap 2 Bilangan
berpangkat bulat negatif, nol dan positif
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Saintifik
2.
Model Penemuan
F.
Media Pembelajaran, Alat dan
Sumber Pembelajaran
1. Media
2. Alat dan bahan
Komputer, LCD
3. Sumber Pmbeelajaran
1.
Sinaga, Bornok,
dkk.
2013. Matematika. SMA/MA, SMK/MAK Kelas VII. Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. Jakarta : Politeknik Negeri Media Kreatif.
2.
Bahan Kegiatan Buatan
Guru: Lampirab 1, 2, dan3
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran
2.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
3.
Guru
menyampaikan kegiatan yang perlu dilakukan pada pertemuan tersebut
4.
Guru memberikan
gambaran perlunya kompetensi mempelajari eksponen dan logaritma
Kegiatan Inti
(100 menit)
Tahap 1: Bilangan berpangkat bulat positif
1.
Siswa mencermati
tayangan Power Point file: ALKRIS -bilangan
berpangkat AWAL . Proses
pertumbuhan bakteri yang digambarkan digambarkan dengan simulasi dari slide
(slide 1-3)
2.
Membaca
bentuk aljabar dan hasil operasi aljabar dari eksponen (Slide; sample terlampir),
3.
Dari mengamati
slide, dalam kelompok, peserta didik menanya tentang hubungan antara waktu dan
banyaknya bakteri dan menanya tentang notasi-notasi yang berbeda dari bilangan
yang sama, peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil
operasi aljabar eksponen. (Jika peserta
didik tidak muncul pertnyaan, guru bertanya: Jika Anda membuat sendiri kembali
rangkaian kejadian dari sejak pertama danya bakteri, pertanyaan apa yang muncul
ketika Anda menggambarnya?)
4.
Kemudian peserta didik menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan (bilangan dan banyak bakteri) sehingga dapat menduga-duga sementara (conjectur) mengenai banyak bakteri dalam selang waktu tertentu kaitannya dengan waktu, dibawa le pengertian dan aturan dari penulisan eksponen
5.
Dengan
mengasosiasi bilangan-bilangan yang muncul pada slide kaitannya dengan selang
waktu peroide pembelahan bakteri, disimpulkan arti notasi eksponen hubungannya
dengan perkalian berganda, sehingga peserta didik menemukan arti an.
6.
Dengan
bantuan melengkapi tiga baris pertama tampilan Slide 5, siswa dapat menyatakan definisi
an.
7.
Untuk
menguatkan pemahaman tentang definisi an siswa dalam kelompok ditugasi
a.
Membandingkan
kesamaan dan perbedaan utama simulasi pada slide dengan Masalah 1.2 Buku Siswa
halaman 5
b.
Mendiskusikan
syarat-syarat dipenuhinya definisi
c.
Mengerjakan
Tugas yang disusun guru terlampir pada Lampiran 1
8.
Secara
bergantian kelompok siswa mengkomunikasikan hasil kerjanya, kelompok lain
menanggapi
Tahap 2: Bilangan berpangkat nol dan bulat
negatif
9.
Peserta
didik mencermati Masalah-1.3 dari Buku Siswa Kelas X halaman
6, melengkapi tabel pada halaman 6 dan mencermati bilangan-bilangan yang
dihasilkannya serta membandingkan hasil kelengkapan pada tabel dari halaman 6
tersebut dengan grafiknya pada halaman 7
10. Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan
perilaku grafik ketika x menuju -µ dan ketika x
menuju µ; apakah grafik itu sampai berpotongan dengan sumbu X atau bagaimana.
11. Untuk menguatkan konsep peserta didik, diminta peserta
didik dalam kelompok melengkapi tabel di bawah grafik pada halaman 7, (tugas
pada Latihan 1.1 halaman 7)
12. Dengan mengaitkan pemahaman pembelajaran
dari Tahap 1, Peserta didik mencermati makna Defenisi 1. 2 dan 1.3 (Buku Siswa halaman
8)
13. Untuk lebih memahami Definisi 1.2 dan 1.3 siswa ditugasi;
a.
menyelesaikan
(sendiri) Contoh 1.1 dan membandingkannya dengan jawaban yang telah tersedia
b.
Mengerjakan
Tugas 2 buatan guru (terlampir)
14. Secara bergantian kelompok siswa mengkomunikasikan
hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi
Kegiatan Penutup (10
menit)
1.
Peserta didik bersama-sama dengan guru
membuat kesimpulan mengenai
a. Definisi dan makna bilangan berpangkat bulat positif
dan notasinya
b. Definisi dan makna bilangan berpangkat nol dan bulat
negatif serta notasinya
2.
Guru
menutup pelajaran dengan doa bersama
H. Penilaian
Soal
1.
Jika dinyatakan
dalam bentuk biasa, berapakah jumlah semua bilangan satuannya, dari bilangan-bilangan 31, 32,
33, 34, … 3400?
2.
Hitunglah 2-1 + 2-2 +2-3 +2-4 +2-5 +2-6 + … + 2-12
3.
Bentuk baku dari suatu bilangan merupakan salah cara menyatakan besarnya suatu
bilangan (biasanya digunakan untuk bilangan yang (sangat) besar atau (sangat)
kecil) dalam bentuk a ´ 10n, dengan 1 £ a < 10, n ÃŽ B, B himpunan bilangan bulat, misalnya 6725
= 6,7 ´ 103 (pembulatan ke satu angka penting) dan 0,00076532 = 7,76
´ 10-4 (pembulatan ke
dua angka penting)
Nyatakan dalam bentuk baku besaran berikut:
(i)
Massa bumi = 60.000.000.000.000.000.000.000.000.gram
(ii)
Massa bulan = 735.000.000.000.000.000.000.000
gram
(iii)
Massa sebuah
atom Oksigen = 0,0000000000000000000000265 gram
4.
1 eV adalah
energi kinetik sebuah elektron ketika elektron itu berakselerasi dalam medan
magnet dengan menimbulkan beda potensial 1 Volt. 1 eV= 1,60 ´ 10-19 Joule.
Berapa Joule ekuivalen dengan 8 juta eV (elektron Volt)? Nyatakan dalam
bentuk baku.
5.
Andi menabung
sebesar Rp 1.000.000,00 di suatu Bank yang memberikan bunga majemuk (se lama
menabung bunganya tidak diambil) sebesar 0,8% per bulan. Dari penabungan itu
perhitungan tabungan pada akhir bulan ke n
adalah
Mn = M0 ´ (1 + p)n.
dengan M0 besarnya tabungan awal, Mn besar tabungan pada akhir
bulan ke-n dan p besarnya persentase bunga,
a.
Hitunglah hasil
seluruhnya tabungan Andi setelah 1 tahun.
b.
Berapa persen
per tahun bunga di Bank tersebut?
Pedoman
Penyekoran
No.
|
Soal
|
Jawab
|
skor maks
|
1.
|
Jika dinyatakan dalam bentuk biasa, berapakah jumlah
semua bilangan satuannya, dari
bilangan-bilangan 31, 32, 33, 34,
… 3400?
|
Bilangan satuannya berturut-turut 3,9,7,1,3,9,7,1,…
31, 32, 33, 34,
… 3400 ada 400 bilangan, ada 3, 9, 7, 1 sebanyak 100 kali
Jumlah semua bilangan satuannya = 100 ´ (3 + 9 + 7 + 1) = 100 ´ 20 = 2000
|
5
|
2.
|
Hitunglah 2-1 + 2-2 +2-3 +2-4 +2-5 +2-6 + … +
2-12
|
=
=
=
|
5
|
3.
|
Bentuk baku dari suatu
bilangan merupakan salah cara menyatakan besarnya suatu bilangan (biasanya
digunakan untuk bilangan yang (sangat) besar atau (sangat) kecil) dalam
bentuk a ´ 10n, dengan 1 £ a < 10, n ÃŽ B, B himpunan bilangan bulat, misalnya
6725 = 6,7 ´ 103 (pembulatan
ke satu angka penting) dan 0,00076532 = 7,76 ´ 10-4
(pembulatan ke dua angka penting)
Nyatakan
dalam bentuk baku besaran berikut:
(i)
Massa bumi =
60.000.000.000.000.000.000.000.000.gram
(ii)
Massa bulan =
735.000.000.000.000.000.000.000 gram
(iii)
Massa sebuah
atom Oksigen = 0,0000000000000000000000265 gram
|
(i)
6,0.´ 1025.gram
(ii)
7,35 ´ 1023.gram
(iii) 2,65 ´ 10-23.gram
|
3
|
4
|
1 eV adalah energi kinetik sebuah elektron ketika
elektron itu berakselerasi dalam medan magnet dengan menimbulkan beda
potensial 1 Volt. 1 eV= 1,60 ´ 10-19 Joule.
Berapa Joule ekuivalen
dengan 8 juta eV (elektron Volt)? Nyatakan dalam bentuk baku.
|
8.000.000 ´ 1,60 ´ 10-19 Joule
= 1.280.000
= 1,28 ´ 10-13
|
4
|
5
|
Andi menabung sebesar Rp 1.000.000,00 di suatu Bank
yang memberikan bunga majemuk (se lama menabung bunganya tidak diambil)
sebesar 0,8% per bulan. Dari penabungan itu perhitungan tabungan pada akhir
bulan ke n adalah
Mn = M0
´ (1 + p)n.
dengan M0
besarnya tabungan awal, Mn
besar tabungan pada akhir bulan ke-n
dan p besarnya persentase bunga,
a.
Hitunglah
hasil seluruhnya tabungan Andi setelah 1 tahun.
b.
Berapa persen
per tahun bunga di Bank tersebut?
|
a.
Rp 1.100338,69
b.
10% per tahun
(pendekatan)
|
3
|
|
|
Jumlah skor maksimum
|
20
|
Perhitungan
Nilai =
Nilai
|
Kriteria
|
90 < AB £ 100
|
Amat Baik (AB)
|
80 < B £ 90
|
Baik (B)
|
70 < C £ 80
|
Cukup (C)
|
K £ 70
|
Kurang (K)
|
LAMPIRAN 1
Bagian Slide
Pembelahan Bakteri
(Sebagian) Dari
Slide 3
(Sebagian) dari
Slide 4
(Sebagian) Dari
Slide 5
LAMPIRAN 2
TUGAS 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut.
1.. Dari tayangan Slide 3 pembelahan bakteri:
a.
Berapa banyak bakteri itu dalam waktu satu hari?
b.
Berapa banyak bakteri itu dalam waktu satu hari jika semula ada 64
bakteri?
2.
Jika semula ada
4000 bakteri dan setiap setiap jam membelah menjadi dua bakteri (sekali dalam
hidupnya), berapa bakteri yang ada selama satu hari?
3.
Berapakah:angka
satuan dari 72014?
LAMPIRAN 3
TUGAS 2
Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut.
1.
Nyatakan
nilainya bukan dalam bentuk bilangan berpangkat. Jika tidak bulat, nyatakan
dalam bentuk pecahan biasa.
a.
105,
104, 103, 102,
101, 100,
10-1, 10-2, 10-3, 10-4, 10-5
b.
25, 24,
23, 22, 21,
20, 2-1, 2-2, 2-3, 2-4, , 2-5
2.
Hitunglah:
3.
Waktu paro suatu
zat radioaktif adalah selang waktu suatu zat radioaktif yang massanya m0
menjadi
m0. Jika suatu jenis zat radioaktif waktu
paronya 2 tahun, berapa massa radioaktif itu yang massanya 200 kg untuk 20
tahun kemudian?
RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / I
Materi
Pokok : Eksponen dan Logaritma
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
KI
1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong
royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi
secara
efektif dengan
lingkungan
sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3: Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam
ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian
2.2
Mampu mentransformasi diri
dalam berperilaku jujur,
tangguh mengadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin
tahu,
jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen
dan logaritma sesuai
dengan karakteristik permasalahan yang
akan diselesaikan dan
memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
Indikator :
- menemukan
sifat-sifat pangkat bulat positif
- menyelesaikan
masalah dengan menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif
4.1.
Menyajikan
masalah nyata menggunakan
operasi aljabar berupa
eksponen dan logaritma
serta menyelesaikannya menggunakan
sifat-
sifat dan aturan yang telah
terbukti kebenarannya.
Indikator :
- terampil
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat pangkat/eksponen
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi dan model
discovery learning dalam pembelajaran eksponen dan logaritma diharapkan siswa
bisa bekerjasama, konsisten dan disiplin , serta siswa dapat
1. menemukan
sifat-sifat pangkat bulat positif
2.
menyelesaikan masalah dengan menggunakan
sifat-sifat pangkat bulat positif
3.
terampil menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan sifat-sifat pangkat/eksponen
D.
Materi
Pembelajaran
1. Bentuk pangkat
Pangkat
bulat positif
Bentuk pangkat an
= a x a x a x…x a
n
faktor perkalian
2. Pangkat bulat negatif
Pada
pangkat bulat negatif berlaku :
dan
3. Pangkat nol
4. Sifat – sifat
a.
ap
x aq = ap+q
b.
ap
: aq = a p-q , a ≠ 0
c.
(ap)q = apq
d.
(ab)p = ap
. bp
e.
(
) p
=
E.
Metode
Pembelajaran
Model : Discovery Learning
Metode : diskusi kelompok, penemuan terbimbing, tanya
jawab.
F.
Media
Pembelajaran
LKS, kertas
G.
Sumber
Belajar
Buku Siswa Kemendikbud, 2013
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan apersepsi tentang konsep bilangan
pangkat.
2.
Guru memberikan motivasi tentang kegunaan ekponen
dan logaritma dalam kehidupan sehari-hari
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
Tahap Stimulation
4.
Guru memberikan stimulan/rangsangan berupa
soal yang sekiranya sulit dikerjakan langsung oleh siswa, sehingga siswa akan
penasaran bagaimana cara menyelesaikannya (misalkan berapakah jumlah dari digit-digit dari 22014.
52010)
|
10 menit
|
Inti
|
Tahap Problem statement
1.
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok dengan
masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 anggota.
2.
Guru membagikan LKS (terlampir) untuk didiskusikan
oleh siswa.
3.
Dengan aktif siswa mencermati dan mengamati
Lembar Kerja Siswa yang telah dibagikan guru dan berpikir bagaimana cara menyelesaikannya .
4.
Siswa dengan bekerja sama dalam 1 kelompok
berusaha untuk menyelesaikan kegiatan yang ada pada LKS.
Tahap
Data collection
5.
Siswa berdiskusi mengumpulkan data-data yang ada di LKS (dengan menyelesaikannya)
yang berkaitan dengan sifat-sifat pangkat bulat positif
Tahap Data
Processing
6.
Dengan berdiskusi siswa mengolah data (dengan menyelesaikan
LKS) yang diperoleh.
7.
Siswa kemudian sebagai membuat hipotesis
(dugaan) tentang sifat-sifat pangkat bulat positif
Tahap Verification
8.
Siswa mengecek (memverifikasi) hipotesis tentang
sifat-sifat pangkat bulat positif , dengan mencobakan beberapa masalah dengan
membandingkan hasilnya dengan cara sifat dan dengan cara menghitung nilai
sebenarnya tanpa sifat.
9.
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya ke depan kelas
10.
Guru bersama siswa mendiskusikan hasil dari presentasi siswa.
11.
Guru memberikan soal yang terkait dengan
Sifat-sifat pangkat (Buku siswa, Uji Kompetensi 1.1 No 1 sampai 2 hal 16)
12.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan siswa dan
dikumpulkan
|
15 menit
10 menit
20 menit
25 menit
|
Penutup
|
Tahap Generalization
13.
Siswa bersama guru menyimpulkan tentang Sifat-sifat
pangkat bulat positif.
14.
Guru memberikan PR untuk dikerjakan di rumah
sebagai latihan mandiri.(Uji Kompetensi 1.1 pada Buku Siswa Halaman 16 – 17,
No 3 – 12)
15.
Guru menginformasikan kegiatan pada pertemuan
berikutnya.
16.
Guru mengakhiri kegiatan belajar
|
10 menit
|
I.
Penilaian
1. Teknik
penilaian : pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur
Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Bekerjasama
dalam kegiatan diskusi
b.
Konsisten
dalam melakukan sesuatu
c.
Disiplin dalam kegiatan
pembelajaran eksponen
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
1. menemukan
sifat-sifat pangkat bulat positif
2. menyelesaikan
masalah dengan menggunakan sifat-sifat pangkat bulat positif
|
Tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
1. Terampil menggunakan
sifat-sifat pangkat untuk menyelesaikan masalah eksponen.
|
Tes dan Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
3. Intrumen
Penilaian Hasil Belajar
Tes tertulis
1.
Sederhanakan
Kunci
Jawaban dan Penskoran:
=
…………………………………. Skor 2
=
………………………………….. skor 4
=
……… …………………… skor 6
=
=
……………………..……
skor 8
=
=
=
=
………………………………….. skor 10
NILAI = SKOR
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMA
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
2 x 45 menit
Indikator sikap
bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
2. Cukup Baik jika
sudah ada usaha
untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok
3. Baik jika menunjukkan
sikap bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika selalu menunjukkan bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
Indikator sikap
konsisten dalam pembelajaran eksponen
dan logaritma.
1. Kurang baik jika tidak menunjukkan
sama sekali sikap konsisten
2.
Cukup
Baik jika menunjukkan
sikap konsisten kadang-kadang
3. Baik jika sudah
sering menunjukkan sikap konsisten dalam pembelajaran
4. Sangat baik jika selalu menunjukkan sikap konsisten
Indikator
sikap disiplin terhadap proses
pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang
baik jika siswa selalu hadir atau
mengumpulkan tugas terlambat
2. Cukup Baik jika siswa
hadir atau mengumpulkan tugas terlambat
2 kali
3. Baik jika siswa hadir atau mengumpulkan tugas terlambat 2 – 4 kali
4. Sangat baik jika selalu hadir atau mengumpulkan tugas tepat waktu
Bubuhkan
tanda √ pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Kerjasama
|
Konsisten
|
Disiplin
|
|
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1
|
Ani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Anu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ane
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Ano
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik B : Baik
C
: Cukup Baik SB : Sangat Baik
LEMBAR
PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan tanda √
pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
Menerapkan
konsep/prinsip sifat-sifat bilangan pangkat
|
KT
|
CT
|
T
|
ST
|
1
|
Ini
|
|
|
|
|
2
|
Tia
|
|
|
|
|
3
|
Uti
|
|
|
|
|
4
|
Ita
|
|
|
|
|
5
|
Itu
|
|
|
|
|
Indikator
terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan
sifat-sifat bilangan pangkat
1.
Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menggunakan konsep
sifat-sifat bilangan pangkat
2.
Cukup terampil Jika
siswa hanya dapat menggunakan satu sifat bilangan pangkat
3. Terampil jika siswa
sudah dapat menggunakan 2 atau 3 sifat
bilangan pangkat
4. Sangat terampill, jika siswa sudah dapat menggunakan
sifat bilangan pangkat lebih dari 3 sifat.
Petunjuk!!
1.
Bacalah Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan cermat
dan teliti
2.
Kerjakan dan diskusikan LKS ini bersama kelompok
3.
Waktu = 30 menit
|
LEMBAR KERJA SISWA
Kegiatan 1:
23
x
24 = ( 2 x 2 x 2).(…. x ….)
= ( 2 x … x …. x … x ….)
=
2 …
Jadi 23
x 24 = 2 …
52 x 54
= ( … x … ).( … x … x … x … )
= (… x … x … x … x … x … )
= 5…
Jadi 52
x 54 = 5 …
Dengan alur yang sama,
jabarkan bentuk di bawah ini
1)
75 x 73
2)
64 x 65
Dari
hasil penjabaran di atas perhatikan hasil
akhirnya. Letakkan pada tabel di bawah ini.
Bentuk Awal
|
Bentuk Akhir
|
23
x 24
|
2
…
|
………….
|
………..
|
………….
|
………..
|
Apakah
ada hubungan dengan bilangan pangkatnya? Jika ada, apa hubunganya? Diskusikan
dengan temanmu!
Kegiatan 2
Dengan
menggunakan alur penjabaran yang sama dengan kegiatan di atas, diskusikan
dengan temanmu, hubungan antara penjabaran bentuk berikut ini dengan bentuk
akhirnya.
1.
a)
b)
c)
d)
2.
a) (32)3 b)
(53)2
c)
(72)4 d) (45)2
3.
a) (23 x 53) b) (34
x 24)
c)
(72 x 112)
Dari 2 kegiatan di atas, diskusikan dengan temanmu,
sifat-sifat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari pangkat bilangan bulat
positif. Kemudian tuliskan pada kotak berikut.
simpulan
am
x an = ….. (am)n = …..
=
…….. (am
x bm) = ….
=
…….