PROGRAM TAHUNAN (
PROTA )
EKONOMI
Satuan Pendidikan :
SMAN 3 Tasikmalaya
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X/1
Tahun Pelajaran :
2015 -2016
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Waktu
|
Ket
|
|
|
1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
|
1.1 Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
|
|
|
|
1.2 Mendeskripsikan
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
|
|
|
|
1.3 Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang
diproduksi
|
|
|
|
1.4 Mengidentifikasi
hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang
lain.
|
|
|
|
1.5 Mengidentifikasi sistem
ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
|
|
|
|
2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan
ekonomi produsen dan konsumen.
|
2.1 Mendeskripsikan pola
perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.
|
|
|
|
2.2 Mendeskripsikan circular
flow diagram
|
|
|
|
2.3 Mendeskripsikan peran
konsumen dan produsen
|
|
|
|
3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan
permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
|
3.1 Mengidentifik-asi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
|
|
|
|
3.2 Menjelaskan hukum
permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.
|
|
|
|
3.3 Mendeskripsikan
pengertian harga dan jumlah keseimbangan
|
|
|
|
3.4 Mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar barang
|
|
|
|
3.5 Mendeskripsikan pasar input
|
|
|
|
Jumlah
|
……… KD
|
……….
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA N 3
Tasikmalaya
(Drs. H. Kurtubi, M.S)
NIP/NIK : 19550310
|
|
Tasikmalaya,
Juni 2015
Guru mapel Ekonomi
(Indra Hermawansyah)
NIP/NIK : 2107130067
|
|
|
|
PROGRAM TAHUNAN (
PROTA )
EKONOMI
Satuan Pendidikan :
SMAN 3 Tasikmalaya
Mata Pelajaran :
Ekonomi .
Kelas / Semester :
X / 2
Tahun Pelajaran :
2015 -2016
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Waktu
|
Ket
|
|
|
4. Memahami kebijakan
pemerintah dalam bidang ekonomi
|
4.1 Mendeskripsikan
perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro.
|
|
|
|
4.2 Mendeskripsikan
masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
|
|
|
|
5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik
Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan
Nasional (PN).
|
5.1 Menjelaskan konsep PDB,
PDRB, PNB, dan PN
|
|
|
|
5.2 Menjelaskan manfaat
perhitungan pendapatan nasional
|
|
|
|
5.3 Membandingkan PDB dan
pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain
|
|
|
|
6. Memahami konsumsi dan investasi.
|
6.1 Mendeskripsikan fungsi
konsumsi dan fungsi tabungan
|
|
|
|
6.2 Mendeskripsikan kurva
permintaan investasi
|
|
|
|
7. Memahami uang dan perbankan.
|
7.1 Menjelaskan konsep
permintaan dan penawaran uang
|
|
|
|
7.2 Membedakan peran bank
umum dan bank sentral
|
|
|
|
7.3 Mendeskripsikan
kebijakan pemerintah di bidang monete
|
|
|
|
Jumlah
|
……… KD
|
……….
|
|
Mengetahui,
Kepala SMAN 3
Tasikmalaya
(Drs. H. Kurtubi, M.S)
NIP/NIK : 19550310
|
|
Tasikmalaya,
Juni 2015
Guru mapel Ekonomi
(Indra Hermawansyah)
NIP/NIK : 2107130067
|
Kompetensi
Dasar dan Indikator
|
Krtiteria
Ketuntasan Minimal
|
Faktor
Ketentuan Ketuntasan
|
Nilai
KKM
|
Pengetahuan
|
Kompleksitas
|
Intake
|
Daya dukung
|
Indikator
|
5.1 Menjelaskan
manfaat perhitungan pendapatan
nasional
5.1.1 Menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan,
dan pengeluaran
|
80
|
70
|
75
|
70
|
75
|
Keterangan
Untuk Indikator “Menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran”, kriteria
ketuntasan yang saya tetapkan adalah sebagai berikut :
- Pengetahuan : 80 (
- Kompleksitas : 70
- Intake :
75
- Daya Dukung : 70