RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMAN 3 Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X (Sepuluh) / 2
Standar
Kompetensi : Memahami Produk Domestik
Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto
(PNB), Pendapatan Nasional
Kompetensi
Dasar : Menjelaskan Manfaat
Penghitungan Pendapatan Nasional
Indikator
Pencapaian Kompetensi :Menghitung Pendapatan Nasional dengan Pendekatan
Produksi, Pendapatan, dan Pengeluaran
Alokasi : 1 x 45 menit
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat
menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan dan
pengeluaran.
B.
Materi Pokok
Perhitungan
pendapatan nasional
C. Uraian Materi
a) Manfaat
perhitungan pendapatan nasional
b)
Menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan dan
pengeluaran
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Memahami
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),
Pendapatan Nasional Bruto (PNB) dan Pendapatan Nasional
|
Manfaat
penghitungan pendapatan nasional
|
Siswa
dapat mengidentifikasi manfaat penghitungan pendapatan nasional melalui
referensi
|
F.
Skenario Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a.
Apersepsi
Guru
mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang konsep pendapatan
nasional, kemudian guru menjelaskan cara-cara penghitungan pendapatan nasional.
b.
Motivasi
Penghitungan
pendapatan nasional sangat penting, mengingat pendapatan nasional adalah salah
satu indikator pencapaian kompetensi kesejahteraan suatu negara.
2.
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
Dalam
Kegiatan eksplorasi, guru:
a.Siswa
dapat menjelaskan manfaat penghitungan pendapatan nasional
(nilai
yang ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
b.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
a.
Siswa dikelompokan menjadi empat
kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan
dengan jumlah siswa)
(nilai
yang ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
b.
Kelompok pertama diberi tugas
untuk mengidentifikasi manfaat penghitungan pendapatan nasional
(nilai yang
ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
c.
Kelompok kedua diberi tugas untuk
menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan
(nilai yang
ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
d.
Kelompok ketiga diberi tugas
untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi
(nilai yang
ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
e.
Kelompok kempat diberi tugas
untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran
(nilai yang
ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
f.
Masing-masing kelompok
mempresentasikan tugasnya didepan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi
(nilai yang
ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
g.
Dengan bimbingan guru, siswa
membuat kesimpulan
(nilai yang
ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, siswa:
a.
Menyimpulkan tentang hal yang
belum diketahui
(nilai yang
ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
b.
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui
(nilai yang
ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
3. Kegiatan
akhir
a.
Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan : kerjakeras, jujur,
saling menghargai)
b.
Penilaian (nilai yang ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
·
Hasil kerja kelompok (kognitif)
·
Lembar pengamatan (Apektif)
·
Lembar pengamatan (Psikomotorik)
c,
Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks ekonomi
(nilai yang ditanamkan : kerjakeras, jujur, saling menghargai)
G.
Sumber dan Alat
Buku
teks, Papan tulis atau LCD, Spidol
H.
Evaluasi
a.
Soal Latihan
1.
Cara
menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi?
2.
Cara
menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan?
3.
Cara
menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran?
4.
Jelakan tujuan perhitungan pendapatan nasional!
5.
Jelaskan manfaat perhitungan pendapatan perhitungan!
Kuncijawaban
1.
Menjumlahkan seluruh barang dan jasa
yang dihasilkan oleh berbagai saktor produktif dalam perekonomian
2.
Menjumlahkan semua pendapatan dari masing-masing factor produksi pada periode tertentu
3.
Menjumlahkan seluruh pengeluaran
sector ekonomi
4.
Untuk mendapatkan taksiran
actual mengenai nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu
Negara selama satu tahun
5.
Manfaat
yang diperoleh dengan mempelajari pendapatan nasional adalah sebagai berikut:
a.
Untuk mengetahui struktur perekonomian suatu
Negara apakah agraris, industry dan lain-lain.
b.
Untuk mengetahui perkembangan perekonomian dari tahun ketahun apakah mengalami kemajuan,
tetap atau kemunduran.
c.
Untuk mengetahui tingkat kemakmuran masyarakat.
d.
Untuk membandingkan perekonomian antar negara.
e.
Sebagai pedoman bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan
yang berkaitan dengan pembengunan ekonomi.
b.
Bentuk atau Pedoman Penilaian
Satu soal nilainya 2
Total skor = 5 x 2 = 10
Mengetahui, Tasikmalaya,
April 2015
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
H. Kurtubi, M.Si Indra
Hermawansyah
NIP.
19550310 NIP.
2107130067
Materi Pembelajaran
Perhitungan Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional dapat dihitung dengan tiga pendekatan yaitu sebagai berikut:
1.
Pendekatan produksi
Besarnya pendapatan nasional dengan pendekatan produksi dihitung dengan cara menjumlahkan seluruh barang dan jasa
yang dihasilkan oleh berbagai saktor produktif dalam perekonomian.
Secara matematis perhitungan pendapatan nasional dengan metode produksi
di tulis sebagai berikut:
Keterangan:
NI = national
income (pendapatan nasional)
VA= value added (nilai tambah)
n = jumlah sekor dalam perekonomian
Ni = E + A + I + N + J
Keterangan:
A = agraris
I = industri
N = niaga/perdagangan
J = jasa
2.
Pendekatan pendapatan
Pendapatan nasional dihitung dengan cara menjumlahkan semua pendapatan dari masing-masing factor produksi pada periode tertentu.
Secara matematis perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan
di tulis sebagai berikut:
NI = w + i + r + π
Keterangan:
w = wage
(upah)
i = interest
(bunga)
r = rent
(sewa)
Ï€ = profit
(laba)
3.
Pendekatan pengeluaran
Penghitungan pendapatan nasional dengan menggunakan pendekatan ini dilakukan dengan menjumlahkan seluruh pengeluaran
sector ekonomi. Secara matematis perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran
di tulis sebagai berikut:
NI = C + I + G + (X – M)
Keterangan:
C = consumption
(konsumsi rumah tangga)
I =investment (investasi)
G = government
expenditure (pengeluaran pemerintah)
X = ekspor
M = impor
D. Pertumbuhan, Tujuan, danPenghitungan Pendapatan Nasional
1.
Pertumbuhan pendapatan nasional
Perhitungan pendapatan nasional
yang dilakukan dari tahun ketahun dapat digunakan untuk melihat seberapa besar pertumbuhan pendapatan nasional suatu
Negara. Cara yang dilakukan agar nilai pendapatan antar tahun dapat digunakan untuk mengukur perkembangan dan perbandingan ekonomi secara benar antara lain sebagai berikut:
a.
Pendapatan nasional dihitung menurut harga berlaku dan harga tetap
b.
Pendapatan nasional dihitung menurut harga pasar dan harga faktor
2. Tujuan dan manfaat perhitungan pendapatan nasional
Tujuan perhitungan pendapatan nasional adalah untuk mendapatkan taksiran
actual mengenai nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu
Negara selama satu tahun.
Manfaat yang diperoleh dengan mempelajari pendapatan nasional adalah sebagai berikut:
a.
Untuk mengetahui struktur perekonomian suatu
Negara apakah agraris, industri dan lain-lain.
b.
Untuk mengetahui perkembangan perekonomian dari tahun ketahun apakah mengalami kemajuan,
tetap atau kemunduran.
c.
Untuk mengetahui tingkat kemakmuran masyarakat.
d.
Untuk membandingkan perekonomian antar Negara, juga sebagai pedoman kebijakan yang akan diambil
pemerintah