RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 3 Tasikmalaya
Kelas/Semester : XI/ Ganjil
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Pendapatan Nasional
Alokasi Waktu : 2x45 menit ( 1 kali pertemuan)
Pertemuan ke- : 1 (satu)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
pengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mensyukuri
pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk
kesejahteraan rakyat
1.2 Mensyukuri
karunia Tuhan YME atas keragaman dan keunggulan antar bangsa
2.1 Bersikap
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi
permasalahan pembangunan di
Indonesia
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, dan kritis sebaga pelaku
ekonomi
|
3.3 Mendeskripsikan
pendapatan nasional
4.3 Menyajikan
hasil perhitungan pendapatan nasional
C.
Indikator
3.3.1 Menjelaskan
pengertian pendapatan nasional
3.3.2 Menjelaskan
3 macam pendekatan perhitungan pendapatan nasional
4.3.1 Menghitung
pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan dan pengeluaran
D.
Tujuan
Pembelajaran
1)
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian pendapatan nasional
dengan bahasanya sendiri melalui studi pustaka
2)
Peserta didik dapat
menjelaskan 3 macam pendekatan perhitungan pendapatan nasional dengan tepat melalui diskusi kelompok
3)
Peserta didik dapat
menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan dan
pengeluaran dengan benar melalui latihan
soal
E.
Materi
Pembelajaran (terlampir)
a)
Pengertian
Pendapatan Nasional
b)
Pedekatan
perhitungan pendapatan nasional
c)
Perhitungan
Pendapatan Nasional
F.
Strategi
Pembelajaran
·
Pendekatan : Scientific
Approach
·
Metode : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
·
Model :
Student
Facilitator And Explaining
G.
Alat
dan Media Pembelajaran
Alat : Papan tulis, Spidol, Penghapus, LCD,
Laptop
Media : Power Point, Lembar soal
H.
Sumber
Belajar
Wicaksono, Ericks. 2013.ekonomi.Jakarta:Yudihistira
(bab 3, halaman: 43-46)
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
- Pertemuan
ke-1: 2 X 45 menit
- Indikator:
3.3.3 Menjelaskan
pengertian pendapatan nasional
3.3.4 Menjelaskan
3 macam pendekatan perhitungan pendapatan nasional
4.3.2 Menghitung
pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan dan pengeluaran
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
a. Pendahuluan
a.
Guru menyapa peserta didik dengan
memberikan salam kemudian mempresensi peserta
didik
b.
Guru meminta peserta didik berdo’a
terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
d.
Guru memberikan beberapa
gambaran awal tentang materi yang akan dipelajari dengan mengaitkannya dalam
kehidupan sehari-hari
e.
Guru
menjelaskan aturan main belajar dengan model pembelajaran Student Facilitator And
Explaining
f.
Guru memberikan beberapa pertanyaan
untuk menimbulkan rasa ingin tahu dan membangun pemahaman awal pada peserta
didik
|
10 menit
|
b.
Kegiatan inti
Mengamati
·
Peserta didik mengamati slide power
point tentang pengertian, pendekatan dan perhitungan pendapatan nasional
·
Peserta didik mengamati penjelasan
dari tentang pengertian, pendekatan dan perhitungan pendapatan nasional
Menanya
·
Peserta didik bertanya tentang tentang
pengertian, pendekatan dan perhitungan pendapatan nasional
·
Peserta didik bertanya tentang model
pembelajaran yang akan dilakukan
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mengumpulkan data/
informasi tentang tentang pengertian, pendekatan dan perhitungan pendapatan
nasional
Mengasosiasi
· Peserta didik berkelompok menjadi 3 kelompok yang masing-masing akan diberikan tugas untuk menjelaskan pengertian,
pendekatan dan perhitungan
pendapatan
nasional
· Siswa
menganalisis data dan informasi yang telah diperoleh dan digunakan sebagai
dasar untuk menyelesaikan soal dari guru
Mengomunikasi
·
Perwakilan dari setiap
kelompok menjelaskan materi Pendapatan Nasional yang telah di tugaskan di
depan kelas dan menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru
· Siswa perwakilan dari setiap kelompok menjelaskan materi Pendapatan
Nasional yang telah di tugaskan di depan kelas dan menyelesaikan soal yang
diberikan oleh guru
|
65
menit
|
c.
Penutup
1. Guru memberikan penghargaan atau saran kepada tiap kelompok
2. Guru memberikan evaluasi berupa soal yang harus di kerjakan secara
individu selama 2 menit
3. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari
ini
4. Guru memberikan tugas (PR) dari buku teks
5. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa dan mengucapkan salam
|
15 menit
|
I.
Evaluasi
1. Prosedur
Evaluasi : Tanya Jawab, Diskusi Kelompok,
Latihan Soal
2. Aspek
yang dinilai
1)
Afektif :
ü Perhatian
dan sikap peserta didik pada saat diskusi.
ü Perhatian
dan sikap peserta didik pada saat guru menjelaskan materi.
ü Sikap
peserta didik saat presentasi
2)
Kognitif :
ü Kemampuan
peserta didik dalam menjawab pertanyaan.
ü Kemampuan
peserta didik dalam presentasi.
ü Kemampuan
peserta didik mengerjakan soal latihan
3) Psikomotor :
ü Ketrampilan
peserta didik dalam mencari dan mengumpulkan informasi dan data.
3. Alat
Penilaian
a. Soal
tertulis :
guru memberikan tugas pada lembar tugas.
b. Soal
non tertulis : guru memberikan beberapa pertanyaan
secara lisan kepada peserta didik.
4. Instrumen
Evaluasi (terlampir)
5. Teknik
Penskoran (terlampir)
6. Kunci
jawaban (terlampir)
Tasikmalaya, Agustus
2015
Kepala
SMAN 3 Tasikmalaya, Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. Kurtubi, M.Si Indra Hermawansyah, S. Pd
NIP.
19550310 NIP.
2107130067
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
PENDAPATAN NASIONAL
a.
Pengertian
Pendapatan Nasional
Pengertian
pendapatan (income) adalah uang yang
diterima oleh seseorang dan perusahaan dalam bentuk gaji, upah, sewa, bunga dan
laba; termasuk juga beragam tunjangan dan pensiun.
Dalam
analisis mikro, pendapatan nasional menunjuk pada aliran penghasilan dari
penyediaan factor-faktor produksi untuk periode tertentu. Sementara itu, dalam
analisis makro, istilah pendapatan menunjuk pada pendapatan nasional suatu
negara.
Pendapatan nasional
dapat didefinisikan dengan 3 cara sebagai berikut:
·
Nilai seluruh Produk (barang dan jasa) yang
diproduksi oleh suatu negara selama satu periode tertentu.
·
Jumlah Pendapatan yang diterima oleh seluruh
factor produksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu.
·
Jumlah Pengeluaran untuk membeli barang dan
jasa yang diproduksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu.
b.
Perhitungan
Pendapatan Nasional
Pendapatan Nasional dapat
dihitung melalui 3 pendekatan sebagaimana telah dijelaskan dalam pengertian
pendapatan nasional yaitu melalui pendekatan produksi (production
approach), pendekatan pendapatan (income approach) dan pendekatan
pengeluaran (expenditure approach).
1. Pendekatan
Produksi (product approach)
Pendekatan
produksi adalah metode perhitungan PDB dengan menghitung jumlah nilai seluruh
produk (barang dan jasa) yang dihasilkan dalam suatu negara selama satu periode
tertentu. Nilai produk yang dihitung dalam pendekatan ini adalah barang dan jasa jadi. Hal ini dilakukan agar
tidak terjadi perhitungan ganda (double counting). Pendekatan produksi dapat
dirumuskan sebagai berikut:
NI
= ((Q1 x P1) + (Q2 x P2) + ……..(Qn x Pn))
P
= harga barang
Q
= jumlah barang
1. Pendekatan
Pendapatan (income approach)
Pendekatan
pendapatan adalah metode perhitungan PDB dengan menghitung jumlah seluruh
pendapatan (upah, sewa, bunga, laba) yang diterima rumah tangga konsumsi dalam
suatu negara selama satu periode tertentu, sebagai imbalan atas factor-faktor
produksi yang digunakan oleh perusahaan (tenaga kerja, tanah, modal, skill).
Pendekatan pendapatan dapat dirumuskan sebagai berikut:
NI
= r + w + i + p
w
= wage (upah)
i = interest (bunga)
r
= rent (sewa)
p
= profit (laba)
2. Pendeklatan
Pengeluaran (expenditure approach)
Pendekatan
pengeluaran adalah metode perhitungan PDB dengan menghitung jumlah seluruh
pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi suatu negara selam
periode tertentu. Pendekatan pengeluaran dirumuskan sebagai berikut:
NI
= C + G + I + (X – M)
C
= consumption (konsumsi RT)
G
= government expenditure (pengeluaran pemerintah)
I = investment (investasi)
X
= eksport
M
= import
Lampiran
2
MODEL
PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND
EXPLAINING
· Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok besar yang masing-masing akan
diberikan tugas untuk menjelaskan Pendekatan Perhitungan Pendapatan Nasional
· Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami materi tentang Pendapatan
Nasional.
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum
dipahami dari proses mengamati.
· Guru meminta siswa untuk mengumpulkan data dan informasi dari berbagai
sumber dan media yang berkaitan dengan Pendapatan Nasional.
· Menganalisis data dan informasi yang diperoleh dan digunakan sebagai dasar
untuk menyelesaikan soal dari guru
· Guru meminta perwakilan dari setiap kelompok untuk menjelaskan materi
Pendapatan Nasional yang telah ditugaskan dan menyelesaikan soal yang diberikan
oleh guru di depan kelas
· Guru mengkonfirmasi penjelasan dan jawaban yang disampaikan oleh siswa
INSTRUMEN EVALUASI
Soal Diskusi
Kelompok 1
Berikut data produk yang dihasilkan suatu negara
dalam satu tahun:
Kapas Rp 500.000,00
Benang Rp 650.000,00
Kain Rp 900.000,00
Baju Rp
1.250.000,00
Hitunglah berapa
pendapatan nasional negara tersebut dan pendekatan apa yang digunakan! Berikan
alasan mengapa menggunakan pendekatan tersebut!
Kelompok 2
Berikut komponen
pendapatan nasional:
·
Gaji Rp 6.000.000,00
·
Investasi Rp
12.000.000,00
·
Konsumsi Rumah Tangga Rp
8.000.000,00
·
Bunga modal Rp 525.000,00
·
Hasil Sewa Rp 715.000,00
·
Konsumsi pemerintah Rp 25.000.000,00
·
Ekspor Rp 5.525.000,00
·
Impor Rp 5.850.000,00
·
Penyusutan Rp
12.450.000,00
Hitunglah berapa pendapatan nasional melalui pendekatan
pengeluaran!
Kelompok 3
Wage Rp 9.525,00
Rent Rp 6.115,00
Profit Rp 2.000,00
Interest Rp 3.045,00
Ekspor
netto Rp 7.775,00
How much national income of data above if accounted
by income approach?
Ø Soal Evaluasi
Individu
1. Berikut
adalah komponen pendapatan nasional (milyar):
Gaji Rp 8.000 Belanja
pemerintah Rp 32.000
Pengeluaran
swasta Rp 15.000 Ekspor Rp 4.500
Konsumsi
rumah tangga Rp 9.000
Impor Rp
5.000
Bunga
modal Rp 4.600 Depresiasi Rp 16.000
Hitunglah
besarnya pendapatan nasional jika menggunakan pendekatan pengeluaran!
2. Wage
Rp 9.525.000,00 Ekspor
nettoRp 3.045.000,00
Rent Rp 6.115.000,00 Interest Rp
7.775.000,00
Profit Rp 2.000.000,00
How
much national income of data above if accounted by income approach?
3. Diketahui
data produk yang dihasilkan oleh suatu negara yang diperoleh dari (Q x P) dalam
milyar:
Baju/konveksi Rp 67.000 Barang elektronik Rp 89.000
Roti Rp 38.000 Buku Rp
54.000
Hitunglah
besarnya pendapatan nasional berdasarkan data diatas!
KUNCI
JAWABAN
1. Menggunakan
pendekatan produksi dengan menghitung nilai tambah karena kalau ditambahkan
setiap komponen pendapatan
akan terjadi perhitungan ganda.
Produk
|
Jumlah Produksi (Rp)
|
Nilai Tambah (Rp)
|
Kapas
Benang
Kain
Baju
|
Rp 500.000,00
Rp 650.000,00
Rp 900.000,00
Rp 1.250.000,00
|
Rp 500.000,00
Rp 150.000,00
Rp 250.000,00
Rp 350.000,00
|
Jumlah
|
Rp 1.250.000,00
|
2. Pendekatan
pengeluaran
NI
= C + G + I + (X-M)
=
8.000.000+25.000.000+12.000.000+ (5.525.000-5.850.000)
=
45.000.000+325.000
=
45.325.000
Jadi
pendapatan nasionalnya adalah Rp 45.325.000,00
3. Income
Approach (pendekatan pendapatan)
NI
= r + w + I + p
=
6.115 + 9.525 + 3.045 + 2.000
=
20.685
Jadi
pendapatan nasionalnya adalah Rp 20.685,00 (milyar)
Ø Kunci Jawaban
Soal Evaluasi Individu
1. NI
= C + G + I + (X – M)
= 8.000 + 25.000 +
12.000 + (5.000 – 5.500)
= 44.500
2. NI
= w + r + i + p
= 9.525.000 + 6.115.000
+ 7.775.000 + 2.000.000
= 25.415.000
3. NI
= (P1 x Q1) + (P2 x Q2) +…………+ (Pn x Qn)
= 76.000 + 43.000 +
94.000 + 23.000
= 236.000
Lampiran
3
TEKNIK PENSKORAN
1.
Aspek afektif
a. Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Ket.
|
1.
|
Mensyukuri
sumberdaya sbg karunia Tuhan YME dalam pemenuhan kebutuhan.
|
|
|
|
|
2.
|
Meninjukan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, peduli dalam melakukan
kegiatan ekonomi
|
|
|
|
|
3
|
Tanggungjawab
dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
|
|
|
|
b. Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Mensyukuri sumberdaya sbg karunia Tuhan YME
dalam pemenuhan kebutuhan.
|
3
|
Menunjukkan ekspresi mimik wajah senang, ceria,
semangat dan gembira terhadap kompleksitas berbagai tingkat organisme
kehidupan sebagai ciptaan tuhan yang
maha esa.
|
2
|
Menunjukkan ekspresi
mimik wajah senang, ceria, dan gembira tapi tidak bersemangat terhadap terhadap kompleksitas
berbagai tingkat organism kehidupan
sebagai ciptaan tuhan yang maha esa
|
1
|
Tidak menunjukkan
ekspresi mimik wajah senang, ceria, semangat dan gembira terhadap terhadap
kompleksitas berbagai tingkat organisme kehidupan sebagai ciptaan tuhan yang maha esa.
|
2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri,
adil, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
|
3
|
Mengamati hasil
percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
|
2
|
Mengamati hasil
percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
1
|
Mengamati hasil
percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3
|
Tanggungjawab
dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3
|
Tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat
waktu.
|
2
|
Berupaya tepat
waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
|
1
|
Tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
3
|
Aktif dalam tanya
jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat peserta didik
lain
|
2
|
Aktif dalam tanya
jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat peserta
didik lain
|
1
|
Aktif dalam tanya
jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat peserta
didik lain
|
Jumlah
skor
|
|
|
2. Aspek
psikomotor
a
Tes tertulis: Menilai
kemampuan kognitif tentang ilmu ekonomi dalam bentuk
objektif dan uraian.
b
Penilaian
projek : Menilai tugas melakukan penelitian
sederhana tentang pendapata nasional
dalam kaitanya dengan kehidupan sehari-hari.
c
Penilaian produk: Menilai
laporan hasil penelitian sederhana tentang pendapatan nasional
Tabel
penilaian psikomotor
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai
|
Paraf guru
|
1
|
Hasil penelitian
|
|
|
2
|
Mempresentasikan hasil kegiatan
|
|
|
Lembar Penilaian Diskusi
No.
|
Nama
Peserta didik
|
Aspek
Pengamatan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
Ket
|
Kerja
sama
|
Mengkomunikasikan
pendapat
|
Toleransi
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
Presntasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Skor:
4 : Baik sekali
3 : Baik
2 :Cukup
1 : Kurang
Nilai = ∑ skor perolehan X 100
Skor maksimal
KRITERIA NILAI:
A = 80 -100 : Baik sekali
B = 70 -79 : Baik
C = 60 -69 : Cukup
D = < 60 : Kurang
3.
Penilaian
Kognitif
Aspek :
Kognitif
Indikator :
ü Menjelaskan
pengertian pendapatan nasional.
ü Menjelaskan
3 macam pendekatan perhitungan pendapatan nasional.
ü Menghitung
pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan dan
pengeluaran.
No.
|
Nama peserta didik
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Ketepatan jawaban
|
Kemampuan presentasi
|
Kerjasama tim
|
|
|
70-100
|
70-85
|
70-85
|
270
|
Nilai tertinggi =
(270:270) x 100 = 100
Nilai terendah =
(210:270) x 100 = 78