BAB I
RENCANA
BISNIS
A. Analisis
5W + 1H
·
What :
Bisnis apa yang akan dilakukan?
Nama Bisnis : English Privat
Jenis Usaha : Perusahaan
Jasa
Produk yang akan dijual : Bimbingan Bahasa Inggris
·
Why :Mengapa
memilih bisnis tersebut ?
Seiring dengan semakin padatnya populasi penduduk yang tidak diikuti
peningkatan penghasilan perkapita menjadikan masyarakat memiliki beban berat
dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam hal ini kebutuhan hidup manusia yaitu,
meliputi pangan, sandang, dan papan serta kebutuhan akan pendidikan semakin
meningkat pula terutama salah satunya di Indonesia, pemenuhan kebutuhan
pendidikan baik formal maupun non – formal sangat dibutuhkan karena hal ini
dapat memberikan dampak yang besar terhadap penduduk dalam rangka peningkatan
kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Ada dua jenis pendidikan
yang kita kenal di masyarakat kita, yaitu pendidikan formal dan pendidikan
nonformal (seperti kursus komputer, les Bahasa Inggris) Pendidikan formal jelas
tujuannya untuk memperoleh jenjang keberhasilan yaitu kelulusan. Disini kita
akan mendapatkan titel seperti sarjana muda, sarjana, magister dan sebagainya.
Dalam hal ini pendidikan luar sekolah memiliki peranan yang tidak kalah
penting. Pendidikan ini berfungsi untuk membantu sang anak didik untuk memaksimalkan
potensinya yang mungkin belum seluruhnya bisa diperoleh melalui jenjang
pendidikan formal. Baik tidaknya mutu dan kualitas jasa sebetulnya sangat
dipengaruhi oleh fasilitas yang diberikan kepada customer. Apabila fasilitas
yang diberikan itu memadai maka bukan tidak mungkin jika usaha yang kita
jalankan akan memenuhi baik mutu maupun kualitasnya. Adapun jenis fasilitas
pokok yang seharusnya diberikan pada customer antara lain, yaitu pemberian
materi dan teknik pengajaran yang lain daripada yang lain. Hal yang paling
berperan dalam memenuhi kepuasan cutomernya adalah para staff pengajarnya.
Sistem pengajaran yang memuaskan akan menjadi senjata ampuh dalam mengembangkan
usaha tersebut. Mengenai permasalahan di atas, maka kami tertarik untuk
melakukan studi kelayakan usaha dalam bidang jasa pendidikan. Hal yang cukup
menarik disini adalah penggunaan modal dan sumber daya manusia yang terbatas
namun mampu memberikan pelayanan yang terbaik sebagai solusi yang digunakan
untuk meminimalkan cotribusion margin, sehingga diharapkan kursus yang
dijalankan memiliki pengeluaran yang rendah, maka biaya yang ditawarkan
terjangkau oleh semua kalangan masyarakat yang ingin mengikuti kursus. Oleh
karena itu, dengan argumentasi latar belakang inilah saya memilih bisnis yang
diberi nama English Privat.
·
Who :Siapa yang
akan menjalankan bisnis tersebut?
Yang
akan menjalankan usaha
english peivat ini yaitu saya sendiri selaku pemilik perusahaan, dan dibantu
oleh beberapa karyawan.
·
When : Kapan
Bisnis tersebut dilaksanakan?
Rencana bisinis akan direalisasikan dengan target
Januari 2016
·
Where
: dimana perusahaan tersebut akan dilaksanakan?
Perusahaan ini beroperasi di JL. Ir. H. Juanda No.9
Kota Tasikmalaya
·
How: Bagaimana
langkah-langkah menjalankan bisnis tersebut?
Secara garis besar:
o
Mengumpulkan modal terlebih dahulu secara pribadi sebesar Rp.
38.888.000
o
Melengkapi perlengkapan dan peralatan
o
Manajemen perusahaan
o
Promosi
B. Analisis SWOT
·
Strength
(Kekuatan)
o
Mengedepankan kualitas, dengan pendekatan atau metode
pembelajaran yang sesuai dengan siswa
o
Biaya terjangkau, bahkan bisa dibilang lebih murah
dari yang lain
o
Tempat terjangkau oleh kendaraan umum
·
Weakness
(Kelemahan)
o
Ada bisnis yang serupa walaupun tidak pada daerah yang
sama, maka dari itu harus berusaha memberikan kepercayaan kepada masyarakat
·
Oportunity (Peluang)
o
Penguasaan bahasa asing berkenaan dengan aktivitas
seorang pelajar
o
Lokasi terjangkau
o
Kwalitas pelayanan diutamakan
·
Threath
(Ancaman)
o
Persaingan dimasa yang akan datang
BAB II
STUDI KELAYAKAN
BISNIS
A.Aspek Pasar
1.Jenis Produk
Jenis produk usaha ini
yaitu berupa jasa untuk memberikan bimbingan belajar bahasa inggris kepada
siswa yang diberi nama ENGLISH PRIVAT. Nama tersebut supaya lebih mudah
dipahami oleh masyarakat luas dengan kata yang umum.
2.Jenis
Pasar yang Dituju
· Dari segi
produsen dari
segi produsen perusahaan ini termasuk ke dalam pasar persaingan monopolistik karena
jumlah produsennya banyak yang sama, tergantung dari wilayah atau lokasi
bisnis.
· Dari segi
konsumen perusahaan
ini termasuk kedalam pasar konsumen karena barang yang dibeli untuk keperluan
sendiri, yaitu berupa kemampuan (skill) dalam penguasaan berbahasa inggris.
3.Analisis SWOT dari segi apek pasar
· Strength
o
Usaha ini pada lokasi yang ditentukan merupakan yang
pertama dan dapat memungkinkan penguasaan pasar.
o
Dalam proses pembelajarannya ada standar pencapaian
yang harus dipenuhi siswa, sehingga dijamin kwalitasnya.
·
Weakness
o
Karena usaha ini baru didirikan, jadi masyarakat luas
belum mengetahui akan lokasi English Privat, juga yang bertempat tinggal
berjauhan sehingga perlu adanya promosi.
·
Opportunities
o
Penguasaan bahasa asing saat ini sudah menjadi
kebutuhan bagi masyarakat juga pelajar.
· Threath
o
Walaupun pesaing lokasinya berjauhan, tetapi patut
diwaspadai. Juga dengan adanya
kemungkinan usaha serupa yang didirikan dilokasi yang berdekatan pada
masa yang akan datang.
4.Proyeksi 5 Periode (per minggu)
Periode
|
Permintaan
|
1
|
5
|
2
|
9
|
3
|
11
|
4
|
11
|
5
|
15
|
Keterangan jumlah permintaan:
·
Minggu ke 1: Mungkin karena belum tahu tentang English
Privat, dan baru didirikan
·
Minggu ke 2: Setelah adanya promosi, mendapat peserta
didik yang rumahnya berdekatan dengan lokasi
·
Minggu ke 3: Bertambah peserta didik, hasil dari
promosi
·
Minggu ke 4: Tidak adanya penambahan
·
Minggu ke 5: Adanya peserta didik baru, kami berusaha
untuk meningkatkan kwalitas, serta promosi dengan maksimal.
B. Aspek Pemasaran
1. Segmentasi, target, dan posisi
pasar
o Segmentasi
Pasar
o
Aspek geografis :
Untuk sementara wilayah pemasaran English Privat yaitu didaerah kota
tasikmalaya
o
Aspek demografis: Tingkat pendidikan SD, SMP, SMA Se-derajat
Laki-laki dan perempuan
o
Aspek Psikografis: Bisa diikuti oleh semua kalangan,
oleh siapapun selama memenuhi persyaratan
o
Aspek Prilaku :
Berusaha selalu meningkatkan kwalitas pelayanan dan kemudahan terhadap konsumen
2. Target Pasar
Setelah
melihat dari segmentasi pasar, maka target pasarnya yaitu dilakukan didaerah
kota Tasikmalaya, diperuntukkan bagi tingkat pendidikan SD, SMP, SMA Se-derajat
3. Posisi Pasar
a. Mengidentifikasi
keunggulan kompetitif
o
Kualitas/mutu
Keunggulan dari English Privat ini
adalah memberikan pelayanan terhadap konsumen yang dalam proses pembelajarannya
menggunakan metode yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik juga
mengedepankan kwalitas pengajar.
o
Harga
Harga yang saya tawarkan lebih murah
dibandingkan dengan jenis usaha serupa lainnya, dan dalam administrasinya
termasuk keseluruhan diantaranya buku panduan yaitu sebesar Rp. 1.200.000
o
Pelayanan
Memberikan pelayanan maksimal kepada
konsumen, mulai dari fasilitas yang disediakan, proses pembelajaran, sampai
kepada pemantauan progress peserta didik
o
Lokasi
Lokasi yang saya pilih yaitu
didaerah Kota Tasikmalaya, jalan Ir. H. Juanda No.23 Kec. Sukamulya
o
Memilih keunggulan yang kompetitif
Keunggulan jasa privat saya
dibandingkan dengan yang lain adalah dari segi kwalitas sesuai standar,
penetapan harga tidak terlalu mahal, dan segi pelayanan yang baik
o
Mengkomunikasikan pasar
Seluruh fasilitas, pelayanan,
metode, dan keunggulan yang dipaparkan sebelumnya akan langsung diterapkan
dalam usaha English Privat ini.
4. Marketing Mix
Diantaranya
yaitu:
o
Product
Produk jasa English Privat adalah
bimbingan belajar bahasa inggris
o
Price
Total biaya untuk 1 (satu) semester yang
saya rencanakan sebesar Rp. 1.200.000
o
Place
Lokasi usahanya berada di jalan Ir.
H. Juanda No.23 Kec. Sukamulya Kota Tasikmalaya.
o
Promotion
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk
ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di
pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan
memanfaatkan buletin yang terbit di sekolah-sekolah dan media internet sebagai
sarana e-business. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan
lewat facebook dan situs-situs e-business lainnya,. serta melalui blog
pemilik usaha yaitu ;
o
People
Memberikan kenyamanan kepada peserta didik yaitu dengan bersikap ramah, dan
dalam berpenampilan juga harus sopan disesuaikan.
o
Physical Evidence
Tempat parkir, ruang belajar,
projektor, komputer, buku panduan, dsb.
C.Aspek
Teknik dan Teknologi
1. Strategi
yang diterapkan
o Mengenali
karakteristik serta kemampuan peserta didik, sejauh mana menguasai bahasa
inggris
o Menentukan
Metode yang sesuai dengan peserta didik
o Melaksanakan
tes secara berkala
o Analisis
perkembangan siswa
o Evaluasi
dengan meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran
2. Pemilihan dan perencanaan produk
Dalam menunjang kegiatan pembelajaran supaya lancar, English privat akan
menggunakan peralatan serta perlengkapan yang sesuai salah satu yang terpenting
yaitu buku panduan untuk siswa harus berisikan bahan atau materi ajar yang
dapat dipelajari atau dengan maksud meningkatkan minat belajar peserta didik
dengan “fun”.
3. Rencana kualitas produk
o Reliability
Mampu
memenuhi target terhadap tingkatan tingkatan yang harus dipenuhi oleh siswa
sesuai waktu yang direncanakan
o Rensponsiveness
Mampu
menampilkan sikap yang membuat konsumen puas (siswa atau pemakai jasa) yaitu
dengan mampu melayani dan menanggapi keluhan peserta didik
o Assurance
Mampu
menampilkan sikap yang membuat konsumen nyaman, yaitu berpenampilan baik dan
mampu mempresentasikan bahan ajar dengan baik, serta bisa memfasilitasi untuk
konsultasi
o Empathy
Selalu siap
dalam menanggapi dan menangani keluhan konsumen ketika dalam proses pembelajaran
yaitu dengan kesigapan dan keramahan dalam meresponnya, pertanyaan maupun
bantuan yang diminta konsumen atau peserta didik, ditambah memberikan kontak
yang dapat dihubungi supaya leluasa.
o Tengibles
Merancang
dan mendesain lokasi senyaman mungkin dan menarik, menjaga kebersihan, serta
ditambah teknologi lainnya yang mendukung
4. Pemilihan teknologi dan fungsinya
o Telepon : Sebagai alat komunikasi
o Laptop dan
Projektor : Sebagai media pembelajaran
o AC : Sebagai
pengontrol ruang kelas
o Sound system : Sebagai media pembelajaran
5. Rencana kapasitas produksi
Dalam bisnis ini, saya berfouks pada promosi dan kualitas pelayanandahulu,
sehingga kedepannya diharapkan jumlah peserta didik meningkat. Dan promosi
tersebut dilakukan secara berkala
6. Lokasi dan alasannya
Lokasi yang saya pilih yaitu di JL. Ir. H. Juanda No.23 Kota Tasikmalaya,
alasannya karena berada dilokasi yang strategis, terlampaui oleh kendaraan
umum, berdekatan dengan Bale Kota Tasikmalaya yang menurut saya menjadi nilai
positif, juga lokasi tersebut tak jauh dengan lokasi saya
Keterangan:
A : Tempat
parkir
B : Ruang
tunggu dan admin
C : Aula
D : Ruang
belajar
E : Ruang
persediaan
F : WC
G : Mushola
H : Ruang
pegawai
8. Rencana jumlah produksi untuk 5
kali produksi
Bisnis saya tergantung
dari jumlah peserta didik yang masuk nanti, namun untuk buku panduan akan
dibahas di manajemen persediaan
9. Manajemen Persediaan
o
Dikarenakan usaha saya masih baru dan belum berkembang
pesat, jadi untuk jumlah persediaan siap order dari buku panduan sebanyak 30
buah
o
Dan dalam bisnis yang saya jalani ini persediaan
(safety stock) untuk menanggulangi permintaan konsumen jika melebihi kuota yang
disediakan sebanyak 20 buah.
10. Trilogi dalam pengawasan
kualitas produk
o
Perencanaan kualitas
Untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas
usaha yang saya pimpin memiliki karyawan yang profesinal dibidangnya, selain
itu didukung dengan metode dan sumber pembelajaran yang baik pula.
o Pengendalian
kualitas
Disini saya
akan memantau kinerja karyawan, agar pembelajaran sesuai dengan yang
semestinya. Selain itu berkomunikasi baik dengan konsumen.
o Perbaikan
kualitas
Saya akan
mengevaluasi kinerja tiap bagian baik itu tentang keberhasilan terhadap peserta
didik, juga karyawan lain selaku berkaitan dengan tugasnya secara berkala
D.Aspek
Manajemen
1. Anggaran Biaya Produksi
Perlengkapan
|
|
|
|
|
Buku 30 @ Rp. 39.000
Spidol 10 @ Rp. 3.500
Tinta Spidol 3 @ 4.000
Agenda 3 @ Rp. 5.000
HVS
Tinta Printer
Bolpoin 12 @ 1000
Jumlah
|
1.170.000
35.000
12.000
15.000
30.000
50.000
12.000
|
1.324.000
|
|
|
|
|
|
|
|
Biaya Gaji
1 Sekertaris @750.000 750.000
1 Bendahara @750.000 750.000
1 Personalia @700.000 700.000
1 CS @500.000 500.000
3 Pengajar @900.000 2.700.000
Jumlah 5.400.000
Biaya listrik, air, dan telepon 100.000
Jumlah 6.284.000
Jadi untuk 3 periode yang harus
dikeluarkan sebesar Rp 18.852.000
2. Struktur organisasi dan tugasnya
Owner :
Indra Hermawansyah
Sekretaris :
Winda Ranita Sari
Bendahara :
Idham Ilhami Gumilar
Personalia :
Rizki Ginanjar
Costumer Service :
Elsa Istiqomah
Instruktur/pengajar :
Moch. Haidar Taofik
Maya Putri Roniarti
Moh. Ridwan Taofik
Tugasnya:
Owner :
· Pemilik
sekaligus pimpinan
· Bertanggung
jawab teradap jalannya usaha
· Koordinasi,
pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan
· Motivator
terhadap kinerja karyawan
· Sebagai
quality control
Sekretaris :
Menulis atau pencatatan mengenai laporan-laporan, misalnya dalam hal surat menyurat serta arsip
lainnya
Bendahara :
Berkenaan dengan keuangan dan sebagai acuan untuk melakukan manajemen English
Privat kedepannya
Personalia :
Ketenagakerjaan
Costumer Service :
Memberikan pelayanan informasi kepada konsumen
Instruktu/pengajar :
Penyampai pembelajaran kepada peserta didik
3. Tipe
Kepemimpinan
Dalam English Privat saya akan mengambil dan
mengaplikasikan tipe kepemimpinan konsultatif. Dimana saya akan memberikan hak
kebebasan kepada tiap bagian struktur organisasi yang akan memunculkan hal
positif seperti ide, solusi, juga untuk menjalin komunikasi atau kerjasama yabg
baik. Tetapi keputusan terakhir tetap pada owner.
4. Bentuk
Motivasi
·
Penegasan Visi Misi English Privat.
·
Pemberian bonus
·
Sanksi apabila ada yang melanggar disiplin kerja.
5. Metode
Pengendalian
Metode pengendalian yang saya ambil yaitu pendahuluan.
Karena saya berusaha untuk melengkap, memastikan bahwa setiap unsur baik,
termasuk SDM, fasilitas, dsb sudah disiapkan dengan matang. Termasuk berkaitan
dengan keuangan yang diharapkan menghasilkan profit yang maksimal.
E. Aspek Sumber Daya Manusia
1. Jumlah
karyawan yang dibutuhkan
o Sekretaris : 1 orang
o Bendahara : 1 orang
o Personalia : 1 orang
o Costumer
Service : 1 orang
o Pengajar : 3 orang
2. Job
description
o Sekretaris : Membuat laporan, tulis
menulis
o
Bendahara :
· kepala
bagian keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai job
· melaksanakan
kegiatan keuangan dan administrasi
· mencatat/pembukuan
keuangan perusahaan
· mengadakan
dana untuk proses pembelian bahan dan proses
· membuat
laporan keuangan harian, mingguan, bulanan, triwulan, tahunan
· bertanggung
jawab terhadap sistem keuangan
o Personalia : Ketenagakerjaan
o Costumer
Service : Pelayanan informasi
o Pengajar : Mengajar siswa
3. Job
Spesification
Adapun
persyaratan untuk masing-masing job sebagai berikut:
Job
|
Sekretaris
|
Bendahara
|
Personalia
|
CS
|
Pengajar
|
Pendidikan (min)
|
S1
|
S1
|
S1
|
S1
|
S1
|
Usia
|
25
|
25
|
25
|
25
|
25
|
Jenis Kelamin
|
L/P
|
L/P
|
L/P
|
L/P
|
L/P
|
Pengalaman Kerja
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
4. Sumber rekrutmen
Sesuai “job spesifications” yang dicari harus sesuai
dengan kriteria yang meliputi pendidikan, usia, jenis kelamin, dan pengalaman
kerja
5. Metode seleksi karyawan
Untuk tahap seleksi, diberikan kesempatan kepada
setiap orang yang memenuhi persyaratan juga diantaranya
o
fotokopi ijazah terakhir
o
fotokopi KTP
o
hasil tes kesehatan
Yang terpenting profesional dan mempunyai passion
memajukan English Private. Untuk seleksinya melalui wawancara.
6. Orientasi
karyawan
Untuk karyawan baru, disini saya akan memperkenalkan
terlebih dahulu visi misi secara jelas, juga program dari English Private.
Serta yang terpenting profesional dalam job nya masing-masing. Maka dari itu
memberikan percobaan selama tiga (3) bulan.
7. Indikator
tingkat produktivitas karyawan
Progress English Privat yang dilihat dari kepuasan
konsumen sebagai hasil dari berjalannya visi misi.
8. Metode
training dan development
oUntuk
pelatihan dengan menunjuk salah satu karyawan untuk mengikuti seminar serta
mempelajari salah satu bimbingan belajar terkemuka di Indonesia.
oUntuk
pengembangan, berusaha menerapkan hasil training serta sistemnya seepektif
mungkin.
9. Metode
penilaian prestasi kerja karyawan
Metode yang akan saya gunakan dilihat dari hasil
kerja, presentase kehadiran, dan jumlah peserta didik yang menggambarkan
perkembangan dari tingkat kepercayaan masyarakat, sewaktu-waktu memberikan
bonus.
10.
Kompensasi
Daftar
Kompensasi Karyawan Per-bulan
English
Privat
Job
|
Jumlah Karyawan
|
Kompensasi
(Rp)
|
Jumlah Kompensasi (Rp)
|
Sekretaris
|
1
|
750.000
|
750.000
|
Bendahara
|
1
|
750.000
|
750.000
|
Personalia
|
1
|
700.000
|
700.000
|
Costumer Service
|
1
|
500.000
|
500.000
|
Pendidik
|
3
|
900.000
|
2.700.000
|
Jumlah
|
|
|
5.400.000
|
11. Aturan
keselamatan dan kesehatan kerja
Untuk menjaminnya, saya akan menyediakan
peralatan-peralatan baru dan terjamin dapat digunakan.
12.
Pemberhentian Karyawan
Apabila:
o
Mengundurkan diri
o
Melakukan kesalahan fatal, misalnya sering membolos
o
Meninggal dunia
o
Melakukan tindak kriminal
F. Aspek
Finansial
1. Analisis
Kebutuhan Dana
o
Dana Aktiva
Tetap
No
|
Keterangan
|
Harga
|
Jumlah
|
1
|
Tanah
Bangunan
|
15.000.000
10.000.000
|
|
|
Peralatan
|
|
|
|
Komputer
Papan tulis
Projektor
Penghapus 2 @ 2.000
Kursi 10 @ 125.000
Banner
AC
Telepon
Meja
Printer
Jumlah
|
3.650.000
110.000
3.650.000
4.000
1.250.000
100.000
3.000.000
200.000
100.000
500.000
|
37.564.000
|
o
Working capital
No
|
Keterangan
|
Harga
|
Jumlah
|
1
|
Perlengkapan
|
|
|
|
Buku 30 @ Rp. 39.000
Spidol 10 @ Rp. 3.500
Tinta Spidol 3 @ 4.000
Agenda 3 @ Rp. 5.000
HVS
Tinta Printer
Bolpoin 12 @ 1000
Jumlah
|
1.170.000
35.000
12.000
15.000
30.000
50.000
12.000
|
1.324.000
|
2. Sumber
dana dan cost of capital untuk
tiap-tiap sumber dana
No
|
Keterangan
|
Harga
|
Jumlah
|
1
|
Sumber
Dana Aktiva Tetap
|
|
|
|
Modal
yang disetor pemilik
|
Rp. 38.888.000
|
|
|
Pinjaman
dari Bank
|
Rp. -
|
|
|
Jumlah
Sumber Dana Aktiva Tetap
|
|
Rp. 38.888.000
|
2
|
Sumber
Dana Modal Kerja
|
|
|
|
Modal
yang disetor pemilik
|
|
|
|
Pinjaman
dari Bank
|
|
|
|
Jumlah
Sumber Dana Modal Kerja
|
|
|
|
Jumlah Sumber Dana
|
|
Rp. 38.888.000
|
3. LAPORAN ARUS KAS UNTUK 3 PERIODE
ENGLISH PRIVAT
LAPORAN ARUS KAS
JANUARI-MARET 2016
|
JANUARI
|
FEBRUARI
|
MARET
|
Cash
in flow
|
|
Rp.12.500.000
|
Rp.17.672.000
|
1.
operasional
|
|
|
|
-pendapatan
|
Rp. 18.000.000
|
Rp.12.000.000+
|
Rp.
14.400.000 +
|
2.kegiatan
pendanaan
|
|
|
|
-setoran
modal pemilik
|
Rp. 38.888.000
|
|
|
-Pinjaman
|
|
|
|
Total
kas masuk
|
=Rp.56.888.000
|
=Rp.24.500.000
|
=Rp.32.072.000
|
Cash
out flow
|
|
|
|
1.kegiatan
operasional
|
|
|
|
-pembelian
perlengkapan
|
Rp.1.324.000
|
Rp.1.324.000
|
Rp.1.324.000
|
-7
gaji karyawan
|
Rp.5.400.000
|
Rp.5.400.000
|
Rp.5.400.000
|
Beban-beban
|
|
|
|
-beban
listrik
|
Rp. 100.000
|
Rp. 100.000+
|
Rp. 150.000 +
|
2.kegiatan
investasi
|
|
|
|
Tanah
|
Rp.15.000.000
|
|
|
Gedung
|
Rp.10.000.000
|
|
|
Kendaraan
|
|
|
|
Peralatan
|
Rp.12.564.000
+
|
|
|
Total
cash out flow
|
=(Rp44.388.000)
|
=(Rp.6.828.000)
|
=(Rp.6.874.000)
|
Saldo
akhir kas
|
=Rp.12.500.000
|
=Rp.17.672.000
|
=Rp25.198.000
|
|
|
|
Keterangan: * Pendapatan dari pembayaran
les privat peserta didik untuk 1 semester
4.
Laporan Laba/Rugi untuk 3 periode
ENGLISH PRIVAT
LAPORAN LABA/RUGI
JANUARI-MARET
KETERANGAN
|
JANUARI
|
FEBRUARI
|
MARET
|
Pendapatan
|
Rp.18.000.000
|
Rp.12.000.000
|
Rp.14.400.000
|
Beban
perlengkapan
|
(Rp. 1.324.000)
|
(Rp. 1.324.000)
|
(Rp 1.324.000)
|
Beban
gaji
|
(Rp. 5.400.000)
|
(Rp. 5.400.000)
|
(Rp. 5.400.000)
|
Beban
listrik
|
(Rp. 100.000)
|
(Rp. 100.000)
|
(Rp. 150.000)
|
Profit
|
Rp.11.176.000
|
Rp.18.824.000
|
Rp.5.176.000
|
5. Neraca untuk 3 periode
ENGLISH PRIVAT
NERACA
JANUARI
AKTIVA
|
PASSIVA
|
AKTIVA
LANCAR
|
|
|
Kas
|
Rp.12.500.000
|
|
|
Perlengkapan
|
Rp. 1.324.000
|
Modal
|
Rp.
51.094.600
|
AKTIVA
TETAP
|
|
|
Tanah
|
Rp.15.000.000
|
|
|
Gedung
Akum.
Peny. Gedung
|
Rp.10.000.000
(Rp 84.000)
|
|
|
Peralatan
Akum.
Peny. Peralatan
|
Rp.12.564.000
(Rp 209.400)
|
|
|
Total
Aktiva
|
Rp.51.094.600
|
Total
Passiva
|
Rp.
51.094.600
|
ENGLISH PRIVAT
NERACA
FEBRUARI
AKTIVA
|
PASSIVA
|
AKTIVA
LANCAR
|
|
|
Kas
|
Rp. 17.672.000
|
|
|
Perlengkapan
|
Rp. 1.324.000
|
Modal
|
Rp.
56.266.600
|
AKTIVA
TETAP
|
|
|
Tanah
|
Rp.15.000.000
|
|
|
Gedung
Akum.
Peny. Gedung
|
Rp.10.000.000
(Rp 84.000)
|
|
|
Peralatan
Akum.
Peny. Peralatan
|
Rp.12.564.000
(Rp 209.400)
|
|
|
Total Aktiva
|
Rp.56.266.600
|
Total
Passiva
|
Rp.
56.266.600
|
ENGLISH PRIVAT
NERACA
MARET
AKTIVA
|
PASSIVA
|
|
AKTIVA
LANCAR
|
|
|
|
Kas
|
Rp.
25.198.000
|
|
|
Perlengkapan
|
Rp 1.324.000
|
Modal
|
Rp.
63.792.600
|
AKTIVA
TETAP
|
|
|
|
Tanah
|
Rp.
15.000.000
|
|
|
Gedung
|
RP.
10.000.000
|
|
|
Akum.
Peny. Gedung
|
(Rp 84.000)
|
|
|
Peralatan
|
Rp 12.564.000
|
|
|
Akum.
Peny. Peralatan
|
(Rp 209.400)
|
|
|
Total
Aktiva
|
Rp.
63.792.600
|
Total
Passiva
|
Rp.
63.792.600
|
6. Penilaian kelayakan
Investasi dengan metode payback period
Total investasi Rp. 38.888.000
Laba
setelah pajak Rp. 18.824.000
Depresiasi
aktiva tetap Rp. 293.400
Maximum
pp = 3 tahun
PP=TOTAL
INVESMENT X 1
NET CASH IN FLOW
= Rp. 38.888.000
X 1
Rp. 18.824.000 + Rp. 293.400
= 2,03 tahun
Jadi
investasi layak pp hitung < maximum pp
|
|
G. Aspek Ekonomi, Sosial, dan Politik
1. Pengaruh
ekonomi saat ini terhadap bisnis
a. Nilai tukar rupiah
Jika nilai tukar lemah maka akan berdampak pada penerimaan peserta didik
baru yang akan join atau masuk ke
English Privat. Hal lain juga mengenai perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan, apabila terjadi kenaikan akan sangat mempengaruhi sehingga
perolehan profit akan kecil, juga apabila harga pembuatan buku panduan dari
suppliers naik akan berpengaruh terhadap profit juga.
b. Pendapatan nasional
Sasaran utama adalah siswa SD, SMP dan SMA. Disisi lain yang akan
dipengaruhi oleh tingkat pendapatan dari orang tua peserta didik, jika
Pendapatan tinggi, maka peserta didik baru akan meningkat karena biaya
administrasi bukan masalah lagi bagi mereka.
2.
Kontribusi bisnis terhadap pembangunan ekonomi
Tentunya output dari
English privat memberikan kontribusi yang besar kepada negara kita tercinta
ini, karena dengan munculnya generasi muda yang handal dalam berbahasa inggris
kita akan mengetahui dunia tanpa adanya penghalang ketidakbisaan. Maka dari
itu, mereka diharapkan untuk belajar lebih sesuai passion nya masing-masing yang akan membangun dan membawa negeri
ini dimasa yang akan datang
3. Pengaruh
kondisi sosial saat ini terhadap bisnis
a. Sarana dan prasarana
Tak dapat dipungkiri bahwa konsumen sekarang ini
menginginkan tempat belajar yang nyaman dan lengkap dari yang disediakan oleh
suatu tempat kursus. Oleh karena itu English Private akan selalu menaikan
standar, supaya konsumen merasa nyaman untuk belajar.
b. Keadaan
masyarakat
Disuatu
wilayah atau daerah memiliki kebiasaan, baik itu dilatar belakangi oleh budaya,
agama, maupun yang lainnya. Oleh karena itu English Privat akan berusaha
menyesuaikannya, dari tingkah laku (sopan santun), cara berpakaian, dsb.
4. Kontribusi
bisnis terhadap kehidupan sosial
Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, dengan
mahir berbahasa inggris supaya dapat bersaing dengan bangsa lain dengan metode fun .
5. Pengaruh
kondisi politik yang sedang berkembang terhadap bisnis
Dalam berpolitik sekarang, bahasa ibu bukan menjadi
yang utama. Kualitas masyarakat akan meningkat seiring perkembangan zaman. Oleh
karena itu akan berlomba untuk mengkomunikasikannya dengan bahasa asing untuk
sewaktu-waktu. Jelas Privat bahasa inggris akan diminati, untuk menambah skill public speaking.
6. Kontribusi
bisnis terhadap perkembangan politik
Apabila
anak bangsa menguasai english, tanpa disadari akan meningkatkan kualitas
politik diindonesia dengan bersih dan
update setelah mengerti dengan mempelajari politik yang benar secara
global.
H. Aspek lingkungan industri
1. Strategi
untuk mengantisipasi ancaman masuknya pendatang baru
a. Meningkatkan
kualitas dari mulai fasilitas, pengajar dengan pelayanan yang maksimal
b. Memberikan
kesan yang baik kepada konsumen atau peserta didik
c. Berusaha
untuk memberikan harga yang terjangkau
2. Strategi
untuk mengantisipasi persaingan sesama perusahaan dilingkungan industri
a.
Mencari alternatif dari suppliers yang menyediakan
kualitas bagus dengan biaya murah
3. Strategi
untuk mengantisipasi ancaman dari produk pengganti
a. Mengadakan
potongan harga pada waktu tertentu
b. Menetapkan
harga tetap dan terjangkau
c. Meningkatkan
kualitas metode pembelajaran
4. Strategi
untuk mengantisipasi kekuatan tawar menawar buyers
a.
Mematok harga atau menetapkan harga yang ditentukan
5. Strategi
untuk mengantisipasi tawar menawar suppliers
a. Mencari
bahan baku (suppliers buku, peralatan, perlengkapan lain)yang memiliki harga
lebih murah
b. Harus
pandai-pandai menawar
c. Mencari
penjual yang memberikan potongan harga dan bonus jika membeli dalam jumlah
tertentu.
6. Pengaruh
kekuatan stakeholder terhadap persaingan usaha
a. Pemerintah
Pemerintah
sangat berpengaruh terhadap kegiatan bisnis saya, yaitu dalam penetapan harga
barang baku pelengkap, seperti perlengkapan, peralatan yang dibutuhkan.
b.
Investor
Modal English Privat adalah dari
pribadi, dan itupun hanya pada awal pendirian, jadi berpengaruh dalam beban
yang harus dikeluarkan tiap bulan, sebagai tambahan modal pinjaman apabila
invstor ada dimasa yang akan datang, akan berpengaruh.
c. Masyarakat
Merupakan
faktor yang sangat penting dalm bisnis saya. Hal ini karena produk yang saya
buat itu untuk memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat. Jadi intinya maju
mundurnya bisnis saya tergantung dari seberapa banyak masyarakat yang membeli
produk saya.
d. Karyawan
Kualitas karyawan juga merupakan faktor yang tidak kalah penting terhadap
bisnis saya. Karena kalau tidak ada karyawan maka saya akan
kesulitan dalam menjalankan bisnis saya ini .
I.
Aspek
Yuridis
1. Bentuk badan
usaha
Bentuk
badan usaha yang akan saya jalankan ini adalah berbentu perusahaan perseorangan
dengan nama “ English Privat”.
2. Bidang
usaha
Jenis bidang usaha ini adalah
bergerak dibidang jasa
3. Izin
usaha
·
Foto copy surat izin lokasi
·
Foto copy KTP pemohon
·
Foto copy akta pendirian perusahaan
·
Foto copy PBB terakhir
·
Foto copy sertifikat tanah dan IMB
·
Persetujuan tetangga yang
ditandatangani RT/RW
J. Analisis Aspek Lingkungan Hidup
1. Dampak
bisnis terhadap lingkungan hidup
·
Dari kertas-kertas yang sudah tidak dipakai dalam
menunjang kegiatan English Privat, apabila tidak dikelola dengan baik maka akan
berdampak terhadap lingkungan alam, yaitu banjir karena dibuang sembarangan
2. Rencana
pengelolaan lingkungan hidup
·
Maka dari itu kami menjualnya kepada yang membutuhkan
untuk dikelola kembali menjadi yang lebih bermanfaat.
K. Antisipasi Resiko Bisnis
1. Strategi
untuk mengantisipasi risiko pada aspek SDM
a. Stress dan
kesehatan yang buruk
Kesehatan
karyawan sangat penting dalam proses usaha. Sehingga harus benar-benar dijaga.
Untuk mengantisipasinya yaitu dengan cara tidak terlalu memforsir tenaga
karyawan, dengan cara teratur dalam jam kerja, dan memberikan waktu untuk
istirahat di sela-sela jam kerja.
b. Etika
English Privat memiliki 7 karyawan.
Jika karyawan tersebut kurang dalam etika, antisipasinya yaitu dengan
memberikan pengarahan secara lisan oleh pemilik, jika tidak berubah maka akan
dicari pengganti yang lebih beretika. Apabila ada yang berhenti, maka harus
cepat mencari penggantinya.
2. Strategi
untuk mengantisipasi risiko pada aspek keuangan
a.
Utang
Apabila
konsumen memiliki tunggakan yang tak kunjung dibayar, maka akan sangat
mempengaruhi terhadap aktivitas English Privat. Dan antisipasinya dengan jalan
penetapan kebijakan pembayaran.
3. Strategi
untuk mengantisipasi risiko pada aspek pemasaran
a. Promosi
Promosi yang
dilakukan English Privat yaitu dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Jika
hasilnya kurang maksimal antisipasinya yaitu dengan
memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen yang datang, sehingga
nantinya promosi dapat dilakukan oleh konsumen karena merasa puas dan nyaman.
4. Strategi
untuk mengantisipasi risiko pada aspek produksi
a.
Pengajar
Apabila pengajar tidak menjalankan tugas dengan semestinya seperti banyak
membolos, maka antisipasinya yaitu dengan seringnya kontrol dan pengawasan yang
baik.
5. Strategi
untuk mengantisipasi risiko pada aspek teknologi
a.
Perlengkapan dan peralatan
Sewaktu-waktu akan mendapat masalah seperti alat rusak, atau habis. Maka
dengan persiapan persediaan sematang mungkin
BAB III
SIMPULAN
Dari beberapa
analisis tentang usaha bimbingan belajar “English Privat” yang sudah dipaparkan
diatas maka dapat diambil kesimpulan antara lain :
1.
Usaha bimbingan belajar bahasa
inggris “English Privat” ini sangat di respon positif oleh masyarakat khususnya
didaerah Kota Tasikmalaya karena menunjang kemampuan berbahasa inggris pelajar
yang diharapkan dapat bersaing didunia global.
2.
Kebijakan pemerintah, investor,
sumber daya internal adalah faktor-faktor yang bisa mengakibatkan kenaikan
biaya administrasi yang akhirnya dapat mempengaruhi minat masyarakat terhadap
English Privat.
3.
Untuk menghadapi persaingan pasar
maka usaha English Privat ini harus selalu meningkatkan kualitas produk dan
pelayanan terhadap konsumen.
4.
Untuk mengantisipasi munculnya
produk produk baru yang sejenis maka usaha English Privat ini harus selalu
melakukan peningkatan sarana prasarana, metode pembelajaran kualitas pelayanan
terhadap konsumen.
5.
Usaha English Privat harus memiliki
sumber daya manusia yang disiplin, jujur, trampil, profesional, dan menggunakan
sistem administrasi yang berkualitas.
6.
Dengan selalu menjaga dan melakukan
pengolahan limbah yang dihasilkan dalam penunjang kegiatan sehingga tidak
mengganggu lingkungan sekitar English Privat maka kepercayaan masyarakat akan
semakin meningkat,
Berdasarkan rencana bisnis yang meliputi analisis 5W+1H,
analisis SWOT serta studi kelayakan bisnis yang meliputi aspek pasar, aspek
pemasaran, aspek teknik dan teknologi, aspek manajemen, aspek sumber daya
manusia, aspek finansial, aspek ekonomi sosial politik, aspek lingkungan
industri, aspek yuridis, aspek lingkungan hidup, serta aspek risiko bisnis dan
antisipasinya maka dapat disimpulkan bahwa usaha English Privat yang bergerak
dalam bidang jasa layak untuk direalisasikan.